Just Do It

NOTULENSI : Muhasabah Akbar Muharram

15-16 Oktober 2016, Masjid Ukhuwah Islamiyyah, Universitas Indonesia

Bismillahirrohmanirrohim

“Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan” (Al-Quran Surat As-Shaff, Ayat 2-3)

Allah memberikan peringatan kepada umat manusia, bahwa hendaknya tidak mengatakan apa yang tidak kita kerjakan, karena sesungguhnya Allah membenci orang yang seperti demikian. Di era yang modern saat ini, banyak sekali orang yang melakukan debat kusir, beradu argumen dan merasa paling benar sendiri. Padahal, belumlah tentu orang yang merasa benar tersebut mengucapkan hal-hal yang benar. Banyak orang yang terlalu banyak mengkritik, padahal kritik yang di ucapkan tidaklah bisa memberi perubahan. Pada surat At-Taubah ayat 105, Allah berfirman :

“Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang yang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan”

Pada ayat tersebut, Allah memerintahkan kita untuk “Bekerja”, maka tugas kita untuk memulai perubahan adalah bekerja, beramal, dan bertindak, bukan mengkritisi dan atau berdebat kusir. Jangan pula memohon kepada Allah, kalau kita sebagai manusia tidak mempunyai usaha apapun. Baik usaha untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, maupun usaha/berikhtiar agar usaha/kerja yang kita lakukan dapat berhasil.

Maka, kita sebagai manusia untuk mencapai apa yang kita inginkan adalah tidak mengatakan apa yang tidak kita kerjakan, jangan pula berlarut-larut berdiskusi, mengkritik sesuatu tanpa mau mengubahnya. Sesungguhnya permasalahan hadir bukan untuk (hanya) direnunggi, di kritik, dan di diskusikan, melainkan untuk diselesaikan. Karena bukankah seperti “percuma” rasanya kalau seseorang yang gemar memperdebatkan/mengkritik sesuatu padahal orang tersebut tidak melakukannya?

Wallahualam Bishawab

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s