Magic Word

Tahukah kamu, kalau ada tiga kata pamungkas yg in shaa allah bikin persaudaraanmu makin berasa sodara? #ea.
Tiga kata pamungkas, yang duluu banget jaman kita masih kecil, orang tua kita sering mencontohkannya. Tapi sekarang, udah mulai jarang tuh orang2 yang pake tiga kata pamungkas ini, apasihh… 3 kata pamungkas itu?

Yap! 3 magic words, are :

1. Tolong
Yap, katakan Tolong. Usahakan mengatakan tolong ketika meminta bantuan, kata “tolong” juga terdengar lebih good to hear dibanding : “Heh, Heh, ambilin itu dong..” “Woy, pensilnya dong” “Heh *ai, tas gue dong sini in” . Hehehe Sepakat kah? 🙂 Katakan tolong kepada siapapun yang dimintai tolong; anak kecil, seumuran, ataupun dewasa, sama saja. Jangan sampai, mentang2 bocil (red: bocah kecil) yg dimintai tolong, kita jadi sok gitu minta tolong. Hehe

2. Terimakasih
Kedua, Katakan, Teri-makasih, tengkyu, gomawo, dangke, matursuwun atau apalah itu..hehe
Yap! Katakan terimakasih kalau kalau temen2 abis dibantu, di apresiasi, atau kalau temen2 merasa sudah merepotkan seseorang. Jangan asal nyelonong (red: kabur) atau ngelupain gitu aja orang yang udah ngebantu kita. Bisa jadi, orang yang bantuin kita itu, mengalahkan sesuatu hal demi bantuin kita #ea (bisa jadi kan? hehe). Yg bantu anak kecil, seumuran, ataupun, lebih tua dari kita. Usahakan katakan makasih, ketika sudah dibantu.

3. Maaf
Yap! katakan maaf kalau kita menyadari punya salah sama orang. Jgn gengsi atuh minta maaf kalau memang salah. Pun sama anak yg lebih muda/lebih kecil dari kita. 🙂
.
NAH! KUY budayakan budaya 3MagicWords yang indonesia banget ini.
.
Temen2 yg punya adek, bisa nihh, mencontohkan mereka untuk belajar membiasakan pake 3MW ini. Kalau dia lagi buat kesalahan, tegur, terus ajarin mereka untuk bilang “maaf”. Kalau dia minta ambilin sesuatu, tapi ga “tolong”, ingetin dia. Kalau dia, abis dikasih sesuatu atau dibantu, ingetin dia juga untuk bilang “makasih”.
.
Sederhana sih..
Tapi, ini termasuk salah satu bagian dari etika (sopan santun) lho. 🙂
Sederhana sih…
Tapi, kalau ga dibiasakan, akan selalu susah ngejalaninnya.
.
OIA. Maap kalau ada salah2 kata, aku juga msh belajar.hhe
.
BTW. Lets Trai tugeder ! 🙌

 

g.png
Sumber : Dokumen Pribadi 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s